Sales 0877-8613-9140

Home » Blog Post » Pemakaian Pipa PVC Pada Saluran Air Rumah

Pemakaian Pipa PVC Pada Saluran Air Rumah

Ada dua pilihan bahan pipa yang dapat dipakai untuk saluran air:
  1. Pipa Galvanis
  2. Pipa PVC
Mengapa menggunakan pipa PVC untuk saluran air?
Jawabanya adalah menggunakan pipa PVC jauh lebih ekonomis, kualitas bagus dan harganya 4 kali lebih murah dari pipa galvanis.  Pipa galvanis digunakan apabila saluran berada diluar ruangan (outdoor), karena tahan terhadap benturan.

Untuk melancarkan sistem saluran air bersih di dalam rumah kita ada beberapa poin yang akan saya bahas
  • Tingkat tekanan air didalam pipa pvc, diupayakan tekanan air yang didapat haruslah kuat dan juga merata. gunakan tangki air sebagai sumber catu air dan letakkan di tempat yang lebih tinggi dari semua saluran air / titik keran ,atau apabila tidak bisa ,gunakan pompa booster untuk meningkatkan tekanan
  • Perataan tekanan air, gunakan jaringan pipa yang menutup ( loop) yang membuat ujung pipa terakhir menyambung ke ujung pipa di awal, sehingga menyebabkan tidak adanya pipa di ujung saluran yang biasanya memiliki tekanan paling rendah.

Saluran air kamar mandi

Saluran air kamar mandi juga menggunakan pipa pvc, yang sudah berkembang dari masa lalu yang banyak menggunakan tembikar untuk saluran kamar mandi mereka. Untuk jarak saluran yang jauh, gunakan bak kontrol untuk mempermudah perawatan, dan pastikan beri jeriji antitikus untuk menghindari tikus yang merayap masuk.

Saluran air limbah WC.

Saluran air limbah WC ini juga menggunakan pipa pvc, dan pembuagannya haruslah ke septictank dahulu. ini semoga menjadi ilmu baru untuk kalian, kenapa harus dibuang ke septictank dahulu tidak langsung saja ke tanah atau saluran terbuka. Jadi limbah WC ini harus melewati sebuah proses yang dinamakan “penstabilan “.
Sifat limbah wc kita ini sifat limbah WC yang tidak stabil karena bersifat organis, Artinya bisa menjadi busuk dan bau, dan secara ilmu lingkungan tidak bisa ditempatkan di tempat terbuka atau diresapkan langsung ke dalam tanah, menjadi suatu zat anorganis yang stabil dan tidak berubah lagi sifat maupun bentuknya. Hal ini dilakukan dalam suatu fasilitas yang kita kenal sebagai septic tank.
Septic tank adalah sebuah bak penampung yang “mempekerjakan” bakteri anaerobik (bakteri yang tak membutuhkan oksigen untuk hidupnya) untuk menstabilkan limbah WC tadi.
Karena itu, sesudah melewati septic tank, cairan limbah belum bisa dibuang ke saluran terbuka. Cairan ini harus diresapkan ke dalam tanah (dengan sumur peresap) untuk distabilkan lebih lanjut oleh bakteri-bakteri yang ada dalam tanah. Oleh karena itu perlu dibuat jarak antara sumber air bersih di dalam tanah dengan sumur peresapan ini. Paling tidak dalam jarak mendatar 10 meter.
Hal lainnya adalah bahwa untuk melindungi bakteri-bakteri septic tank, sebaiknya kita jangan sekali-kali membuang air sabun atau cairan yang mengandung zat-zat antiseptik ke dalam WC, karena bisa membunuh bakteri-bakteri di dalamnya, dan kalau bakteri-bakteri septic tank ini punah, tentu proses penstabilan tadi tidak berjalan.
Share this article :
 
Copyright © 1990. Harga Pipa PVC, Jual Pipa PVC, Distributor Pipa PVC, Pipa PVC Murah - All Rights Reserved | Logos and trademarks are properties of their own respective owners
SitemapPrivacy Policy